Manfaat Madu Asli Untuk Kehamilan





Ternyata madu bukan hanya bermanfaat untuk anak saja. Madu anak yang banyak dikonsumsi sebenernya juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Madu asli memang telah dikenal sebagai makanan yang sangat bermanfaat bagi kehamilan. Madu asli memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral yang berguna bagi perkembangan si jabang bayi. Madu anak yang anda siapkan untuk si buah hati ternyata juga bermanfaat apabila dikonsumsi saat si anak masih di dalam kandungan. Tentu perlu dicatat bahwa madu yang dikonsumsi adalah madu yang benar-benar asli, bukan madu palsu atau campuran yang hingga kini banyak beredar di pasaran.

Lalu mengapa madu asli ini penting bagi ibu hamil? Tentunya karena kandungan nutrisi yang ada dalam madu asli yang dikonsumsi oleh ibu hamil, asam folat misalnya. Kandungan asam folat dalam madu asli ini berperanpenting bagi pertumbuhan bayi karena asam folat ini mencegah terjadinya cacat bawaan pembuluh saraf. Cacat pembawaan ini bisa menyebabkan cacat fisik. Beberapa di antara cacat fisik yang disebabkan oleh kecacatan pada tabung saraf yaitu Spina Bifide (kondisi penutupan keseluruhan kolom tulang belakang dan sumsum tulang belakang), Anencephaly (keterbelakangan mental akut pada anak) dan Encephalocele (jaringan otak yang menjorok keluar menuju kulit sehingga menyebabkan otak yang abnormal). Cacat macam ini biasanya terjadi karena pada awal kehamilan, sang ibu kekurangan asam folat. Madu asli yang memiliki kandungan asam folat akan membantu mencegah kemunculan cacat ini pada janin apabila dikonsumsi secara teratur pada masa awal kehamilan.

DI samping itu, madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada wanita hamil. Hal ini terjadi karena kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga kebutuhan vitamin dan mineral ibu terpenuhi. Kondisi ini penting agar tubuh siap menghadapi semua jenis gangguan kesehatan yang seringkali dialami ibu hamil. Dengan kondisi yang baik, penyakit akan enggan masuk ke dalam tubuh sang ibu sehingga sang janin pun terawat.

Sebagaimana pada madu anak, madu asli juga berfungsi meningkatkan selera makan sang ibu. Ibu hamil membutuhkan makanan yang lebih banyak karena harus memenuhi kebutuhan gizi sang ibu sekaligus janin yang dikandung. Wanita hamil pada umumnya mengalami masalah terkait selera makan, padahal asupan nutrisi haruslah terpenuhi. Beberapa di antara ibu hamil bahkan kehilangan selera makan hingga menyebabkan kondisi tubuh yang lemah. Madu asli membantu sang ibu untuk menjaga nafsu makan sehingga makanan yang dikonsumsi bisa memenuhi kebutuhan nutrisi baik sang ibu maupun janin.

Anda merasa mual pada masa awal kehamilan? Madu asli bisa jadi merupakan jawaban dari masalah ini. Tiga bulan masa awal kehamilan biasanya dipenuhi dengan rasa mual yang berat pada wanita hamil, namun hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Madu mampu menekan rasa mual yang dialami oleh ibu hamil sehingga mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Selain itu, rasa panas pada perut atau yang dikenal dengan istilah heartburn juga dapat ditekan. Rasa panas yang disebabkan oleh pelepasan hormon ini menyebabkan pelunakan spincter antara kerongkongan dan lambung. Madu yang dicampur dengan susu dapat menetralkan asam lambung sehingga rasa sakit ini dapat diatasi.

Yang tidak kalah penting adalah kemampuan madu untuk menangkal racun pada wanita hamil. Makanan yang dikonsumsi wanita hamil memang harus dijaga. Namun kini banyak makanan yang mengandung bahan additif seperti pengawet, pemanis dan perasa yang bersifat racun. Madu asli membantu menekan efek racun ini sehingga baik ibu hamil maupun janin akan terhindar dari bahaya zat-zat tambahan tersebut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment